Connect with us

Berita Jawa Timur

Wisuda ke-42 Unitri Berhasil Meluluskan 400 Sarjana

Published

on

Wisuda ke-42 Unitri

Malang, www.indomedia24.com – Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) menggelar Wisuda Pascasarjana dan Sarjana Periode 42, pada Sabtu (26/8/2023), bertempat di Gelanggang olahraga (GOR) UNITRI, sebanyak 400 peserta.

Sebelum memasuki seremonial wisuda, Rektor UNITRI Malang, Prof. Dr. Eko Handayanto, M.Sc., Ph.D.,  menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya. Ia memberikan apresiasi terhadap wisudawan yang telah berjuang keras dalam menyelesaikan studi, kuliah, praktikum, dan kegiatan mahasiswa. Bahkan ada pula yang bekerja paruh waktu untuk menambah/mencukupi biaya hidup di Malang.

“Semangat anda sangat luar biasa, dan membanggakan,” puji orang nomor satu di UNITRI ini.

Usai rangkaian wisuda, Profesor Eko menerangkan, penerapan merdeka belajar telah dilakukan pihaknya dalam menjalankan pendidikan di UNITRI. Diantaranya kegiatan mahasiswa mengajar dan berbagai kegiatan lain yang mengirimkan mahasiswa ke luar. Pihaknya juga menerima 100 lebih mahasiswa dari luar untuk belajar bersama di UNITRI.

“Untuk mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNITRI memiliki sejumlah lokasi di luar Kampus I antara lain Sekolah Lapangan Konservasi Tanah dan Agro Edupark di daerah Wagir. Itu semua ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa UNITRI,” ungkapnya.

Sebagai wisudawan terbaik saat ini adalah Desi Anggita Sari, S.A.P., membacakan kesan dan pesannya mewakili para wisudawan. Desi yang merupakan mahasiswa terbaik dari fakultas ilmu sosial dan ilmu Politik program studi administrasi Publik, berhasil meraih IPK 3,96. Di hadapan rekan-rekannya ia menjelaskan, keberhasilan yang diraihnya ini tidak terlepas dari dukungan  orang-orang terkasih yang ada di sini.

“Terima kasih kepada Rektor Universitas Tribhuwana Tunggadewi beserta jajarannya, terima kasih kepada Bapak dan Ibu Dekan, KPS, Para Dosen, dan seluruh Civitas akademika Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan wisuda, Pramono Sasongko, S.T.P.,M.P.,M.Sc., menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan sedemikian rupa agar jalannya proses wisuda berjalan dengan baik dan lancar. Untuk orang tua wisudawan ditempatkan di tenda khusus dan bisa menyaksikan putra/i-nya melalui layar (screen) besar. Total mahasiswa yang diwisuda kali ini sebanyak 400 orang.

“Masing-masing dari Pascasarjana, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik. Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan sarjana terapan,” paparnya.

Pria yang juga merupakan Kabiro Akademik itu menyebutkan, wisudawan terbaik tingkat universitas adalah Desi Anggita Sari, S.A.P., sementara untuk wisudawan terbaik tingkat universitas program magister adalah Warsono, M.A.P., ia merupakan mahasiswa Program Studi Magister Administrasi Publik dengan Raihan IPK 4.00.

“Bulan November mendatang akan kembali dilaksanakan wisuda yang ke-43,” tukasnya.

Dengan berlangsungnya agenda Wisuda ke-42 kali ini, berarti UNITRI telah meluluskan sebanyak 15.085 Sarjana dan Magister, yang semuanya merupakan sumber daya manusia yang baik dan kompeten.

Sampai saat ini, Semester genap 2022-2023, jumlah mahasiswa aktif di UNITRI sebanyak 7300 mahasiswa. Mereka menempuh pendidikan program sarjana, program profesional dan program magister yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Tidak hanya itu bahkan ada mahasiswa asal luar negeri, Timor Leste, dan The Gambia.

Masih menurut Warsono, sebanyak 325 mahasiswa mendapatkan beasiswa KIP dan 20 mahasiswa lainnya memperoleh beasiswa Bidikmisi. Terdapat juga beberapa beasiswa dari pemerintah daerah seperti Sikka, Sanggau, Sambas, dan Sumba Barat daya, pungkasnya. (Yuni)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *